Teknik Berpikir Kreatif dan Meningkatkan Kreatifitas

Apa Itu Berpikir Kreatif / Creative Thinking

Berpikir kreatif atau yang juga dikenal dengan istilah Creative Thinking adalah proses dan kemampuan untuk melihat, memandang, dan berpikir diluar kebiasaan atau norma yang umum dalam setiap konteks.

Bingung? Aahhh, ga usah bingung! Simplenya, secara objective, berpikir kreatif / creative thinking adalah kemampuan kamu untuk menemukan solusi BERBEDA dalam berbagai situasi.

Makanya seringkali orang pake istilah ‘out of the box’, yang maksudnya, berpikir diluar batasan (kotak) kebiasan yang standar.

Walau sebenarnya kalau dipikir- pikir, out of the box’ sendiri juga udah dipake terlalu sering oleh semua orang, sampe udah ga kreatif lagi! Kenapa ga out of the barrel? Atau malah out of the parcel?

Anyway, berpikir kreatif adalah kemampuan yang bisa dilatih, asal kamu tahu caranya, dan tahu panduannya!

Simak cara mudah untuk membiasakan diri berpikir kreatif dan meningkatkan kreativitas kamu secara drastis di bawah ini.

 

Meningkatkan Kreativitas dengan Teknik Berpikir Kreatif

Saat kamu merasa mentok, nyangkut, otak buntu dan ga tahu lagi harus berpikir kreatif seperti apa, kamu harus memakai panduan untuk meningkatkan kreativitasmu dalam berpikir kreatif, agar muncul solusi yang dicari- cari.

Panduan berpikir kreatif favorit saya adalah metode SCAMPER.

Tonton penjelasan lengkap dan simple saya mengenai berpikir kreatif dengan SCAMPER di sini:

 

SCAMPER adalah singkatan dari 7 langkah atau tujuh cara menggali ide kreatif dari kepala kamu supaya kamu bisa lebih kreatif, yaitu:

1. Substitute

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempertanyakan cara untuk mengganti satu atau beberapa elemen dari objek atau tantangan yang sedang kamu hadapi. Apa yang bisa diganti? Apa elemen yang bisa diubah?

Lihat contoh- contohnya di video di atas.

 

2. Combine

Kamu juga bisa menemukan solusi kreatif dengan menggabungkan elemen atau unsur lain ke dalam situasi, objek, atau challenge yang kamu hadapi. Seringkali, dengan menggabungkan hal lain ke dalam hal yang sedang kamu tangani, solusi baru yang lebih fresh akan muncul dengan sendirinya.

Apa yang bisa digabungkan dengan hal lain? Unsur apa dari hal lain yang bisa digabungkan ke dalam hal ini? Kalau digabungkan dengan X, apa yang akan berubah?

 

3. Adapt

Adaptasikan proses, elemen, atau fungsi lain ke dalam hal ini, atau adaptasikan hal ini dalam situasi lain. Bagaimana fungsi benda ini bisa diadaptasikan untuk situasi baru? Apa proses adaptasi yang perlu dilakukan?

Simak contoh di video di atas.

 

4. Modify

Saat mentok, ingatlah bahwa seni berpikir kreatif dan kemampuan meningkatkan kreativitas kadang hanya semudah melakukan modifikasi kecil. Jadi tanyakan pada diri Anda, modifikasi seperti apa yang bisa dilakukan? Apa yang bisa diperbesar? Apa yang bisa diperkecil? Apa warnanya bisa diubah? Apa yang terjadi ketika warnanya diubah?

 

5. Put to Other Use

Kalau mesin penghasil makanan sapi bisa diubah jadi penghasil cemilan terpopuler di dunia (Cheetos. Dengarkan kisahnya di video di atas), maka yang disebut kreativitas dan inovasi bisa jadi kadang bsia didapatkan hanya dengan MENGUBAH FUNGSI objek yang ada di tangan kita!

Bagaimana kita bisa mengubah fungsinya? Apa yang terjadi kalau hal ini digunakan untuk fungsi lain? Apa fungsi lain yang bisa mendapatkan keuntungand ari objek atau proses ini?

 

Cara berpikir kreatif, apa itu creative thinking, dan bagaimana cara meningkatkan kreatifitas. Cara agar lebih kreatif dan out of the box.

 

6. Eliminate

Menghilangkan satu atau beberapa bagian dari suatu objek juga adalah proses berpikir kreatif. Kata siapa Handphone perlu antena? Kenapa tablet harus pakai stylus? Apa yang terjadi kalau dalam proses distribusi, kurir pengantar barangnya dihilangkan?

Kamu sendiri pasti tahu, semua pertanyaan diatas sudah menghasilkan INOVASI baru yang mengubah dunia!

 

7. Rearrange/ Reverse

Akhirnya, kamu bisa melatih kreativitas kamu dengan mencoba mengubah urutan atau proses, bahkan desain objek yang sedang kamu tangani. Ubah prosesnya. Apa yang terjadi? Gimana kalau urutannya bahkan dibalik total? Kepala di kaki dan kaki di kepala? Apa hal baru yang terjadi? Kenapa harus memesan baru diantar? Gimana kalau diantar baru memesan?

 

Melatih dan Mengembangkan Kreativitas

 

Pada akhirnya, mengembangkan kreativitas dan membiasakan diri untuk berpikir kreatif adalah soal memahami panduan, proses, dan melatih diri dalam kebiasaan berpikir di luar norma dan solusi umum.

Jangan takut salah, dan berani untuk mencoba!

Simak video di atas untuk lebih memahami teknik seni berpikir kreatif dengan SCAMPER, dan dilengkapi contoh visual yang lebih baik! Atau kamu juga bisa klik di sini.

Mau ikut training dan workshop Creative Thinking? Daftar untuk kelasmu di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published.