16 personalities mbti extrovert seberapa extrovert kah saya? apa saya extrovert?

Seberapa Extrovert Kah Anda?

Apa Anda Benar Seorang Extrovert?

Benarkah Anda memiliki tipe kepribadian extrovert?

Extrovert banget?!

Yakin?

Mungkin setelah mengikuti tes psikologi kepribadian di kantor, atau meng-googling tes kepribadian gratisan di internet, Anda diberi tahu bahwa Anda adalah orang dengan tipe kepribadian extrovert. Tapi Anda masih penasaran nih, bener ga ya?

Atau buat Anda yang belum pernah mengikuti tes kepribadian MBTI atau 16 personalities, sekarang Anda jadi bertanya-tanya.

“Kalo saya tipenya apa dong?” “Apakah saya benar-benar punya tipe kepribadian extrovert? atau malah seorang introvert?”

Naah, sebenarnya seberapa extrovert tipe kepribadian MBTI Anda selain dapat dikenali dari tes tertulis atau pilihan ganda, bisa dikenali dari 7 ciri-ciri orang extrovert berikut ini, lho. Mungkin nggak seakurat test tertulis, tapi gaya analisa diri ini dikenal dengan sebutan ‘self estimate’.  Anda bisa membacanya dan menganalisa diri sendiri terhadap ciri- ciri ini.

Dan ciri- ciri dibawah ini adalah ciri- ciri yang terlihat mata, yang secara nggak langsung terlihat dari seorang extrovert.

 

Ciri- Ciri Umum Yang Terlihat dari seorang Extrovert

Apa saja? Ini ciri-ciri orang extrovert yang pertama.

 

  1. Banyak Omong untuk Meyakinkan Orang Lain Bahwa Anda Bukanlah Orang Extrovert

Suka nggak bisa berhenti ngobrol dan bercerita tentang apapun. Tapi demi nggak disebut si bawel, orang dengan tipe kepribadian extovert ini seringkali menyangkal kalau dia punya tipe kepribadian extrovert, dan pengen disebut sebagai orang introvert.

“Aku kan introvert banget tau.. .” ngakunya ketahuan boongnya.

Hallowww… cuma orang extrovert yang ngoceh panjang lebar untuk ngaku kalau dia pendiaammm. Orang introvert nggak akan bilang-bilang ke orang lain kalau dirinya introvert. Mereka cenderung lebih diam otomatis jika tidak perlu untuk bicara. Cuma orang extrovert yang bisa menyebut dirinya sebagai orang dengan tipe kepribadian MBTI introvert.

‘Diare mulut’, hobi ngobrol, apa yang kepikiran langsung diucapkan, adalah ciri extrovert. Jangan ngaku introvert deeeh.

Itu ciri-ciri orang extrovert yang pertama. Ciri-ciri tipe kepribadian MBTI extrovert selanjutnya terlihat dalam habit terhadap sosial medianya.

 

  1. Makin Banyak Orang Makin HOT

Extrovert mendapatkan energi dari luar dirinya. Artinya, makin banyak orang, dia akan makin berenergi.

Kalau berkumpul di lingkungan ramai, dan acara yang dimana dia menjadi pusat perhatiannya, wuihhhhh, dia akan langsung hot dan semangat banget. Tapi pada saat agak sepi, energinya terkuras, pantatnya baal, dan dia akan terpaksa untuk berkeliaran demi mencari orang lain dan pusat perhatian panggung.

Ini habit dan ciri-ciri orang extrovert bangeett!!!

Menyukai perhatian, support, dan tanggapan dari orang lain terhadap apa yang dilakukannya, dan mendapat semangat dari luar dirinya!

 

  1. Travelling Kemana- mana dan Suka Ngajak- ngajak

Kalau Anda nggak suka diam banyak, mudah bosan, harus keluar dan travelling, apalagi kalau Anda merasa harus travel bersama orang lain, apalagi beramai- ramai, naaaaa, Anda punya ciri tipe kepribadian MBTI extrovert yang ketiga.

Orang extrovert mana tahan travelling sendirian. Iya sih berangkatnya sendiri, tapi belum juga sampai di kota tujuan, teman ngobrolnya sudah puluhan orang! Tanda Anda 100% orang extrovert banget pun terlihat ketika Anda nggak tahan diam lama, mencari aktivitas, dan seringkali berkenalan dengan banyaaak orang dalam travel Anda.

Extrovert suka full action dan full interaction!

 

  1. Terlihat Tenang Sendiri di Tengah Keramaian

Tipe kepribadian MBTI extrovert mungkin ga sih terlihat tenang dan diam sendirian di antara kumpulan orang banyak?

Kelihatannya pendiam lebih menunjukkan ciri tipe kepribadian MBTI introvert, tapi apakah memang orang yang diam di keramaian ini introvert? Cek dulu apa yang membuatnya tenang sendiri di tengah keramaian.

Jika TERNYATA… Anda diam karena sibuk multiple chatting whatsapp dengan banyak orang dan grup meskipun terlihat tenang di tengah keramaian, Anda bisa dipastikan punya tipe kepribadian MBTI dengan ciri-ciri orang extrovert! Apalagi kalau langsung tertawa keras- keras dan disambung dengan menunjukkan chatnya pada orang lain.

Nggak bisa diam dan berhenti ngobrol jadi salah satu dari 7 ciri-ciri orang extrovert dalam tipe kepribadian MBTI.

Selalu menyukai tempat ramai. Tapi kalau lagi nggak ada teman ngobrol di dunia nyata, lewat chatting pun jadi!

 

  1. Perhatikan Kebiasaan Tipe Kepribadian MBTI Ini Di Akhir Pekan

Jika Anda memiliki tipe kepribadian MBTI yang bilang kalau long weekend atau Sabtu Minggu tuh paling enak istirahat di rumah, baca buku-buku biar ada bahan diskusi dengan rekan kerja dan teman-teman (ngaku introvert), tapi setelah itu nangis di pojokan karena kesepian dan bosaaaaaan, BERARTIII… Anda adalah tipe kepribadian MBTI dengan ciri-ciri orang extrovert!

Nggak punya rencana hangout di akhir pekan jadi hal terburuk dan membosankan bagi orang extrovert.

Orang extrovert justru akan kembali bersemangat untuk menghadapi hari Senin setelah weekend-nya dihabiskan dengan hangout bersama teman atau keluarga dibandingkan berdiam diri sepanjang hari. Anda sebagai orang dengan tipe kepribadian extrovert akan lebih suka ngobrol, diskusi, atau nonton film dibandingkan baca buku.

 

  1. Sering Menghabiskan Waktu ‘Sendirian’

Ciri-ciri orang extrovert mengaku sering menghabiskan waktu sendirian.

Nggak salah?

Tunggu, masih ada kelanjutannya. Iya, tipe kepribadian MBTI extrovert Anda sering menghabiskan waktu sendirian, TAPPII… cuma pas tidur! Hahahaa!

Orang extrovert akan lebih bersemangat ketika berada di lingkungan yang ramai.

Sebisa mungkin, orang extrovert atau orang dengan tipe kepribadian extrovert akan menghindari waktu sendirian. Jangan percaya kalau teman Anda yang mengaku introvert bilang kalau dia lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Tanya kapan, pasti jawabannya cuma pas lagi tidur!

Ini nih tipe kepribadian extrovert terakhir yang mungkin sering Anda dengar.

 

  1. Diare Mulut Alias Suka Motong Omongan Orang

Kebiasaan lainnya, adalah diare mulut.

Alias, seringkali kita nggak bisa nahan apa yang kepikiran. Apa yang muncul di otak bakal langsung kesebut di mulut. Beda dengan introvert yang suka mikir dulu sebelum ngomong, omongan Anda bisa keluar begitu saja, dan seperti bendungan bocor, sulit ditahan.

Seringkali Anda disikut teman yang mengingatkan, “Hush, diem dulu, biar dia ngomong dulu”.

Dan Anda cuma berkomentar, “Oh iya iya maap”… sambil menunggu moment untuk bisa ngomong lagi berikutnya.

 

Arti Menjadi Seorang Extrovert

Pada dasarnya, tipe kepribadian extrovert atau tipe kepribadian introvert dalam tes kepribadian MBTI adalah tentang bagaimana seorang individu mendapatkan energi untuk dirinya sendiri.

  • Tipe kepribadian extrovert mendapatkan energi untuk dirinya dari lingkungan luar atau berinteraksi dengan orang lain.
  • Sedangkan tipe kepribadian MBTI introvert proses mendapatkan energi untuk dirinya adalah berasal dari dalam dirinya sendiri. Dengan kata lain, ketika menyendiri, orang dengan tipe kepribadian introvert akan lebih bisa mendapatkan energi dengan mudah.

Ada yang menjawab, saya sih emang suka ngobrol dengan siapa saja. Seneng malah ketemu dan jadi pusat perhatian orang lain. Ada juga yang bilang saya orangnya nggak masalah buat ngomong di depan banyak orang, tapi kok sering nggak enakan dan gampang nangis ya?

 

Kalau begini, bisa jadi Anda memang punya kecenderungan orang extrovert, tetapi bisa jadi Anda pun adalah seorang extrovert dengan function F (Feeling) yang lebih kuat dibandingkan function T (Thinking)-nya. Extraversion atau Intraversion dalam diri Anda hanya perbedaan dalam proses mendapatkan energi.

Namun, perilaku tipe kepribadian extrovert yang satu dengan yang lainnya akan berbeda bergantung pada function lain dalam dirinya yang lebih dominan.

Bagaimana cara mengetahuinya? Mengikuti tes kepribadian MBTI resmi akan membantu Anda lebih memahami lebih dalam tentang kecenderungan kepribadian Anda. Judging atau Perceiving, Sensing atau Intuitive, dan Feeling atau Thinking dalam tipe kepribadian MBTI. Tidak hanya tipe kepribadian Extrovert dan Introvert saja.

 

Jadi, gimana, Anda introvert, extrovert, atau EXTROVERT BANGET?

Leave a Comment

Your email address will not be published.