Bagaimana cara mengatasi rutinitas yang membosankan, mengatasi kebosanan dalam rutinitas, dan cara mengatasi rasa bosan

Mengatasi Rutinitas dengan 8 Cara Sederhana!

Mengatasi Rutinitas Yang Membosankan

Melakukan hal yang sama berulang- ulang adalah definisi kata ‘rutinitas’.

Ironinya, melakukan hal yang sama berulang- ulang, secara langsung JUGA adalah definisi langsung penyebab kebosanan.

Dan selama kita masih makan nasi, menarik oksigen ke dalam paru- paru, dan memiliki detak jantung, kita nggak usah malu bila kita merasa bosan. Apalagi kebosanan membahana yang muncul akibat rutinitas yang bahkan nggak kita enjoy.

Dan Anda pun nggak usah malu kalau kepergok lagi meng-googling¬†kata ‘cara mengatasi rutinitas yang membosankan’, dan menemukan artikel ini. Jadi bacanya santai aja kali, ga usah sambil ngumpet- ngumpet di toilet begitu…

Kenapa? Karena bosan adalah hal yang alami, sama alaminya dengan lapar, ngantuk, dan bahkan kentut. Segala hal yang kita lakukan secara rutin, tiap hari, tiap saat, apalagi tanpa variasi, PASTI bakal bikin antusiasme kita jadi garis datar, yang menurut mesin deteksi detak jantung, garis datar itu artinya mati.

Bahkan hal menyenangkan kayak ngecengin cewek kece di mall aja aja bisa lama- lama jadi super boring kalau dilakukan tiap hari, tiap jam, atau tiap detik.

Nggak percaya? Coba aja sendiri. Malah bisa- bisa saking boringnya, beberapa orang sampai- sampai ganti selera dan mulai ngecengin Jaka, satpam kantor sebelah. Nah loh. Padahal satpam sebelah kan udah pacaran sama Tono.

  • Cara ke- 5 dari 10 Cara Enjoy yang saya tulis di buku saya Lakukan Dengan Hati adalah cara mengatasi rutinitas membosankan yang menghambat kebahagiaan, kesenangan, dan produktivitas kita, di kantor, atau dimanapun rutinitas kita.

Dan kalau Anda mencari cara mengatasi rutinitas yang membosankan dengan mudah, tanpa bisa mengubah rutinitas itu sendiri, berikut 8 cara mengatasi rasa bosan Anda itu!

8 Cara Sederhana Mengatasi Rutinitas Yang Membosankan

Kunci paling mudah, adalah dengan memberikan variasi dalam rutinitas Anda.

Dan variasi ini nggak harus rumit, suit, ribet, apalagi mahal. Segala hal kecil yang KELUAR dan berbeda dari kebiasaan kita bisa jadi variasi rutinitas yang bikin garis datar tadi berdetak lagi, dan hari- hari kita menyenangkan lagi.

Nah ini dia, 8 Cara bikin variasi sederhana yang bisa kita lakukan di hari- hari kita untuk mengatasi rutinitas, atau mengatasi kebosanan akibat rutinitas!

1. Awali hari secara berbeda!

Segala yang Anda lakukan dari bangun sampai meninggalkan rumah adalah kegiatan mengawali hari. Dan seperti kata nenek saya dulu, awali hari dengan positif, karena apa yang terjadi di awal hari bakal terus mewarnai hari Anda.

Nah ini juga sama. Anda bisa mengatasi rutinitas membosankan dengan mengawali hari dengan mengubah satu atau dua hal saja!

  • Ganti menu sarapan dengan makanan baru yang belum pernah Anda makan saat sarapan.
  • Luangkan waktu untuk nyoba kopi rasa baru.
  • Jangan buru- buru berangkat, tapi bangunlah pagian untuk baca novel atau buku inspirasi baru.
  • Lari pagi keliling rumah tetangga buat say ‘hi’.
  • Mulai hari dari nonton channel YouTube saya dulu (ehem), dan lainnya.

2. Lalui jalan dan proses perjalanan yang berbeda!

Warnai proses perjalanan menuju kantor Anda dengan hal yang berbeda dari yang selalu Anda hadapi.

Anda bisa melakukan ini misalnya dengan memilih jalan/ jalur yang berbeda, atau coba sekali- sekali bukan naik mobil tapi naik motor, coba bukannya naik motor tapi naik sepeda, coba ajak anak, coba pasang CD ngaji atau stand up comedy sebagai pengganti siaran radio yang kerjaannya cuma ngelaporin “macet dan ramai lancar” itu.

Kalau Anda kerja dari rumah, coba cara mengatasi rutinitas yang membosankan dengan pindah- pindah ruangan kerja atau meeting online Anda!

3. Bikin kebiasaan baru di tempat rutinitas!

Bikin kebiasaan baru di tempat kerja cukup sederhana untuk dilakukan!

Misalnya, setiap jam makan siang, kita baca artikel- artikel tentang hobi kita selama 5 menit sebelum makan. Atau pasang foto keluarga di meja kerja, dan buat kebiasaan menelepon istri atau suami atau pacar setiap kita lagi istirahat sejenak, atau bawa bikin permainan sama si bibi, suruh dia bungkusin bekal kejutan yang kita baru tahu setelah kita buka di kantor, dan lain- lain.

4. Lakukan rutinitas dengan urutan yang berbeda!

Kita seringkali punya kebiasaan urutan dalam melakukan berbagai hal. Mengubah urutan ini bisa jadi cara efektif untuk mengatasi rasa bosan dalam rutinitas!

  • Misalnya, pas datang, langsung duduk, buka tas, taro laptop, buka facebook, terus liat jam, lalu angkat telepon, lalu nangis sesegrukan karena bosan. Nah, coba ubah urutan ini, malah kalau perlu, ubah isi dari kegiatan kita ini! Misalnya, nangis sesegrukan dulu baru taro laptop, …. eh?

5. Makan di tempat yang berbeda atau menu yang berbeda!

Bilang si uda di warung padang depan kalo Anda mau cuti! Masak tiap hari makan itu- itu aja? Itu salah satu yang bisa bikin bosan! Coba tempat lain, dan menu lain. Jadikan makan siang layaknya sebuah petualangan!

6. Dengarkan musik yang berbeda!

Saya tahu Anda penggemar Miley Cyrus *uhukk… , tapi coba deh sekali- sekali dengar lagu lain. Lagu dan musik itu mirip dengan Jelangkung. Dia masuk kuping tak diundang, memengaruhi emosi ga diantar. Jadi variasi musik bisa bikin efek enjoy yang tidak terduga!

7. Lakukan kegiatan Passion sebelum tidur!

Nah, buat Anda yang suka bilang nggak ada waktu ngembangin Passion, saya minta luangin waktu 30 menit sampai 60 menit tiap malamnya sebelum tidur, buat ngembangin Passion! Ngapain? Bisa apapun, googling, baca buku tentang hobi Anda, teteleponan sama orang dengan Passion sama, coba berkreasi, dan lainnya.

8. Baca buku baru atau Pelajari skill baru setiap minggunya!

Ini adalah hal wajib yang akan berdampak bukan saja Anda bakal dapat variasi yang seru dan menarik tiap minggunya, tapi juga menambah wawasan Anda dan pengembangan diri Anda.

Seperti langkah kegiatan Passion tadi, ini adalah langkah variasi yang sekaligus jadi bekal masa depan Anda! Baca buku yang menarik buat Anda, atau pelajari skill baru yang tidak terbayang sebelumnya. Misalnya, kenapa Anda nggak belajar main Rubik?

Mengatasi Kebosanan dalam Rutinitas Butuh Aksi

Nah, cara terakhir untuk memngatasi rasa bosan Anda, adalah dengan MULAI bertindak sekarang dong!

Lakukanlah 8 Variasi sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari ini untuk membuat hari- hari Anda makin berwarna, dan bikin Anda selalu ENJOY dalam apapun aktivitas Anda!

Rasa bosan dalam bekerja, belajar, atau beraktivitas itu normal. Tapi yang nggak normal adalah pasrah begitu saja tanpa mencoba mengatasi rasa bosan Anda itu. Jalani hidup lebih hidup, dan atasi dengan variasi!

Ingat, setiap variasi sesederhana apapun akan membuat hari Anda lebih berwarna!

Kalau hari- hari Anda bosan dan flat seperti garis datar detak jantung, apa bedanya dengan mati? Ya ga?!

Selamat mencoba, selamat mengatasi rutintas membosankan, dan keep Passionate!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *