Mencoba Bikin Batik dan makan Seafood paling enak Kepiting paling enak di Cirebon. Passion Project Episode 01 Cirebon Jawa Barat.

Gue ‘Menggaruk Rasa Gatal’ Passion dengan Road Trip dan Vlogging! XD

Menggaruk Passion Gue!

 

Tiap orang punya rasa gatal yang ingin digaruk, passion yang mau dicoba, passion project yang pengen dijalanin tapi ga mulai- mulai. Saya punya, dia punya, mereka punya, naaah, kamu juga pasti punya kan?

Akibat pantat ‘baal’ karena dua tahun saya ga kemana- mana gara- gara pandemi, akhirnya saya dan istri nekat menggaruk ‘rasa gatal saya ini dengan melakukan manuver anak muda banget, yang mungkin ga kebayang sama kamu, akan dilakukan sama om om dan tante- tante jelang paruh baya kayak saya dan istri saya gini.

Kami memutuskan untuk menjaga ‘kesehatan mental’ kami sambil ngelakuin passion project kamu dengan VLOGGING dalam Road Trip selama 18 hari, melewati 9 kota di Jawa Bali!

Nih, intip Teasernya!

 

Langkah Pertama dalam Passion!

 

Konsep dalam trip kami ini simple.

Dari dulu, saya selalu pengen ngerasain nyetir sendiri keliling Jawa Bali. Ini Passion Project yang udah lama ingin saya lakukan, dan akhirnya kita lakukan berdua! Cieeee, sekalian pacaran dan honeymoon kesekianlaaaaah.

Ada beberapa tujuan dari Passion Project: Road Trip saya ini.

  1. Ngilangin pantat ba’al dengan jalan- jalan sampe puas.
  2. Ngegaruk rasa gatal saya, Passion yang belum saya laksanakan.
  3. Ketemu dan diskusi santai dengan tokoh- tokoh yang hidup dalam passion mereka di berbagai kota.
  4. Vlogging untuk bikin konten keren.

Kota pertama yang saya kunjungi adalah Cirebon!

Di sini, saya makan seafood yang katanya ter- the BEST di Cirebon, dan paling penting, ngobrol sama pemilik EB Batik Cirebon, Rose D. Bararah. Kita bicara soal sesuatu yang ternyata sangat kena dengan apa yang saya alamin saat itu.

Bahwa langkah pertama dalam passion memang selalu yang tersulit!

Langkah pertamamu dalam memulai passion projectmu adalah yang paling berat! Semua merasakan itu, dan semua mengalaminya. Tapi sesulit apapun itu, kamu harus tetap mulai!

Rose D. Bararah, pemilik pabrik Batik besar di Cirebon ini juga merasakan hal yang sama. Hal yang sama yang bikin saya menunda- nunda passion project saya dan vlog saya ini tahunan lamanya.

Mungkin ada inspirasi yang bisa kamu dapat dari obrolan saya dengannya, sekaligus kamu bisa punya kesempatan ngetawain orang digital kayak gue nyoba- nyoba megang canting dan ngebatik!

Lihat diskusi ini dan video lengkap saya di Cirebon di bawah ini.

 

Sedikit Teori Soal Passion dan menjadi Otentik

 

Kenapa kamupun HARUS melakukan ini dan menjalani Passion projectmu sendiri??

Yuk ah kita bahas sedikit serius. Dikit ajaa, ga usah banyak- banyak.

Kamu juga tahu, menjamurnya gaya hidup digital ini, ternyata muncul juga gaya hidup lain yang justru menjadi antithesis dari pengembangan minat. Gaya hidup yang mencari POPULARITAS, yang mengarahkan orang pada gaya hidup FOMO.

Fear of missing out, nggak pengen ketinggalan, ga pengen orang lain lebih dulu dari gue, ga pengen ketinggalan keyword populer, bikin orang jadi NIRU apa yang lagi populer.

Habit lawas yang dilatih algoritma social media – terutama TikTok – ini ngedorong orang buat cuma MENGIKUTI hal populer, dan bukan MEMBUAT hal baru. Membuat karya yang disukai algoritma, dan bukan karya yang disukai diri sendiri. Mengejar popularitas dadakan, dan bukannya mengejar kesenangan mengerjakannya sendiri.

Orang ketagihan ngejalanin passion yang BUKAN passionnya sendiri.

Menurut Positive Psychology yang dibesut Prof. Martin Selligman, sebagian besar tantangan kesehatan mental bisa ditangani dengan melihat ke depan, pada potensi, pada kemungkinan, pada aktivitas yang membuat hidup lebih PENUH.

Dan ini, dilakukan dengan menjalani hidup otentik, bukan hidup yang meniru.

Otentik artinya menjadi diri sendiri, memahami value dan prinsip diri sendiri, dan menjalani hidup ga pake didikte algoritma atau angka disamping lambang jempol di sosmed.

Memahami passion otentikmu sendiri. Dan terutama, menjalankan proyek berdasarkan passion otentikmu itu!

Jadi apapun ‘rasa gatal’ yang kamu punya, garuk sekarang juga!

Bukankah ironis, bahwa solusi untuk menangani efek negative passion abal- abal ternyata justru adalah passionmu yang SEBENARNYA?

 

Memulai proyek passion dan minatmu mungkin awalnya terasa berat, tapi seperti yang dibahas dalam diskusi saya dengan pemilk Batik Tradisional Cirebon di video di atas, kamu harus mengambil Langkah pertama dalam passionmu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *