Gambar AI. Masa Depan Profesi Ilustrator Terancam Punah?!

Gambar AI Menggantikan Profesi Ilustrator?

 

Gini- gini saya adalah lulusan Desain ITB, dan ganteng ganteng gini, saya selalu menganggap salah satu skill tersembunyi saya – yang tersembunyi agak kejauhan di dalam diri – adalah menggambar dan membuat ilustrasi.

Bahkan asli nih, ada kalanya saya pernah menjajali profesi sebagai komikus bersama orang- orang hebat yang saya aku- akui sebagai teman (ga tau mereka nganggap saya teman juga atau sekedar menolerir keberadaan saya yang sok ok).

Dan selama bertahun- tahun kuliah di jurusan Seni Rupa dan Desain, saya dijejali berbagai skill menggunakan kuas, pensil, kanvas, kertas, hingga wacom, dan semuanya dipakai untuk menerapkan berbagai konsep kreativitas, komposisi, keseimbangan warna, rana, ruang, dan berbagai konsep seni dan ilustrasi lainnya.

Ketika keaktifan saya dalam dunia itu berkurang, satu keyakinan saya tetap kuat. Bahwa berbagai profesi yang repetitif akan suatu hari tergantikan dengan mesin, robot, teknologi, atau AI. Tapi profesi dalam kreatifitas atau dunia kreatif, menurut saya, tidak akan tergantikan!

Oaaaaaahhhh, alangkah SALAHNYA SAYA.

 

Apa itu Gambar AI (AI Generated Image)?

 

Kalau kamu aktif di dunia digital seperti saya, kamu belakangan ini pasti ngedenger soal apa yang disebut AI Generated Image. Tapi apa sih itu?

AI generated image adalah gambar yang dibuat oleh AI (Artificial Intelligence), yang umumnya dibuat dengan AI software. Diantaranya yang paling populer adalah Midjourney, Dall- E2, dan Stable Diffusion.

Konsep dan praktik software AI Generated Image atau gambar yang dibuat oleh AI ini sebenarnya sudah ada dan dieksplorasi beberapa saat, bahkan beberapa tahun di internet. Namun biasanya, kualitas gambar- gambar ini bisa dibilang ala kadarnya, asal adanya, atau dalam bahasa ilmu fisika canggihnya, ‘meh’.

Tapi rupanya, dalam beberapa tahun belakangan, kualitas kreasi dari AI generated image ini meningkat jauuuhhhhh, bahkan lebih jauh dari bakat terpendam dalam diri saya. Lebih jauhhhhh dari muka orang songong di tengah lautan. Dan lebih jauh dari jarak kamu sama cinta ideal kamu. Gokil kan?

Belakangan ini, sebagian besar software penghasil gambar AI ini mulai menghasilkan gambar yang , bahasa sundanya sih, “Anjir atuh lah!” artinya, “keren banget”.

Saya akhirnya memutuskan untuk mencoba salah satu software menggambar dengan AI ini, yang disebut Midjourney. 

Dan jujur, saya sampai menyesal sudah mencobanya. Soalnya nagih!

 

Membuat Gambar dalam 1 Menit Tanpa Bisa Menggambar

 

Lihat saja langsung, ini adalah beberapa gambar yang dibuat AI midjourney untuk saya.

Ini gokil banget!

AI membuat gambar ini untuk saya setelah saya meminta mereka membuat gambar dengan perintah, misalnya:

  • Kumpulan kucing siam dalam setting fantasy dan misterius.
  • Petarung Jawa di atas benteng siap berperang.
  • Kota fantasi di atas Titan yang terbang di ketinggian.
  • Close up wanita petarung Jawa dengan tato batik.
  • Wanita berambut pendek pirang di tengah kota didepan portal dimensi.

AI bisa memahami konteks yang saya ucapkan, dan membuatnya dengan kualitas yang cukup baik!

Midjourney menggunakan Discord sebagai input platformnya. Artinya, setelah mendaftar dan membuat akun di situsnya, Midjourney.com, kamu perlu bergabung dengan discord mereka, dan membuat gambarmu dalam server discord mereka. Dan prosesnya, SIMPLE BANGET!

Kamu cuma perlu mengetik perintah tentang apa yang mau kamu gambarkan/ lukis dalam bahasa Inggris, dan bahkan kamu bisa merinci gaya gambar atau style lukisan yang kamu mau, dan software ini bakal membuat gambarnya langsung dalam wakt 1- 3 menit untuk kamu! Dengan kualitas yang GA MAIN- MAIN!

Kamu kemudian bisa merevisi, mengubah, meminta alternatif, atau meminta kualitas resolusi dan detail lebih tinggi dari gambar- gambar yang dibuat si AI ini!

Semua teknik yang saya pelajari saat di kuliah desain dulu, seakan dipahami oleh si AI ini! Dari warna, sentuhan layout, komposisi, teknik sapuan kuas, semua komplit! Keren banget! Bahkan hasilnya kadang sulit dibedakan dengan hasil gambaran/ lukisan manual artis asli. Buktinya? Baru- baru ini, seorang pengguna midjourney membuat gambar AI yang MENJUARAI kompetisi melukis ternama di Eropa!

 

Coba sendiri dengan menonton video saya . Linknya dan cara menggambar dengan AI ada di sini:

 

Masa Depan Illustrator

 

Selalu akan ada pasar untuk gambar dan lukisan manual yang pastinya memiliki valuenya sendiri, dan nilai tambah lebih. Tapi untuk AI generated image atau gambar buatan AI sendiri, saya rasa, juga akan ada pasarnya sendiri.

Ini akan melahirkan profesi baru yang saya rasa akan disebut sebagai AI Artist, yang berspesialisasi membuat gambar dengan AI software, dan membuat perintah terbaik untuk menghasilkan gambar terbaik.

Sobat saya sejak kuliah yang bekerja sebagai ilustrator setengah bercanda bilang, “Yowes gue pensiun aja kalo gitu, mending maenan Gundam aja”.

Kata kamu sendiri gimana? Apa gambar AI bakal menggantikan gambar tangan seorang ilustrator? Apa ilustrator harus mengembangkan skill dan value baru dengan melatih habit baru?

 

Coba simak videonya, dan klik linknya untuk mencoba sendiri di description video saya di sini!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *