Bagaimana cara melatih dan sikap positif dalam beker,a membangun sikap positif, dan menanamkan sikap positif dalam belajar dan hidup

6 Cara Saya Melatih Sikap Positif

Sikap Positif dalam Bekerja

Apapun pekerjaan dan karier kita, yang namanya hidup, dan rutinitasnya yang disebut pekerjaan, harus dijalankan dengan sikap positif.

Sayangnya, secara alami, rutinitas kerja biasa memunculkan rasa bosan. Dan si bosan ini nih, kalau udah datang, biasanya bakal manggil teman- temannya untuk menyerang kita secara keroyokan.

Awalnya cuma bosan, tapi lama kelamaan mendadak si penat, si bete, si kesal, si muak, dan seantero warga kampung keluhan datang menyerang kita, dan akhirnya ketika semua ini numpuk bergudang- gudang layaknya debu di laman friendster saya dulu, yang menguasai kita adalah sikap negatif terhadap pekerjaan, rutinitas, bahkan hidup secara umum.

Akibatnya gawat bin garawat (kalo kata mang Ujang, sobat saya dari Cimahi mah). Tanpa sikap positif, kita bakal kehilangan motivasi, kehilangan gairah, kehilangan Passion, malah kehilangan kesabaran setiap menghadapi kumis pak bos atau klien yang bergoyang- goyang di depan kita dengan gagahnya.

Untuk itu, kita harus bisa terus membangun sikap positif dalam bekerja, sikap positif dalam belajar, dan sikap positif dalam hidup pada umumnya.

Untungnya tanpa harus bayar mahal untuk meluruskan sikap Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan setiap hari dengan mudah untuk terus melatih sikap positif Anda dalam pekerjaan atau pelajaran.

Cara Saya Melatih Sikap Positif dengan Mudah

 

Memang nggak semua orang sama, tapi berikut adalah cara saya untuk mempertahankan sikap positif sehari- hari saya, dari bangun ke kerja, ke tidur, dan ke bangun lagi tanpa kehilangan semangat ENJOY saya.

Berikut 6 cara saya, yang bisa Anda amati, tiru, modifikasi sesuai kebutuhan.

1. Ngulet sekeras- kerasnya!

Gampang walau terdengar absurd.

Tapi tantangan hidup dan kerasnya rutinitas seringkali sudah bikin bete bahkan sejak bangun tidur. Alarm bunyi… tekan snooze. Bunyi lagi… snooze lagi. Bunyi lagi… snoo.. Apaaaa? Udah jam seginiii!? Lalu Anda bangun dengan rusuh, buru- buru mandi, sambil terus memikirkan seberapa lama Anda akan terlambat.

Di jalan, memikirkan perut keroncongan karena nggak sempat sarapan, dan seharian, badan Anda akan lemas karena ‘nggak enak bangunnya’.

Anda kehilangan sikap positif dalam bekerja, hanya karena Anda SALAH BANGUN!

Apa yang terjadi pada saat bangun tidur bisa mempengaruhi Anda seharian. Jadi cara pertama untuk bikin rutinitas lebih ringan adalah bangun dengan ‘enak’! Gimana caranya?

  • Pada saat alarm berbunyi, jangan cuma ngulet- ngulet kecil di kasur saja. Ngulet-ngulet kecil buat saya nggak bikin segar, malah mempertahankan sensasi ngantuk kita. Ketika alarm bangun, saya akan bangun perlahan tapi pasti, lalu berdiri atau duduk tegak, dan Ngulet sekeras- kerasnya, regangkan sebanyak mungkin otot di badan Anda! Kalo perlu sampai bersuara keraaas! UAAAAAAAHHHHHHH!!!!
  • Kalau istri (atau suami) sampe kaget, cium aja dahinya. Dia suka kok.

Aktivitas ini bakal menyiapkan otot- otot di seluruh badan Anda, yang akan bikin Anda segar, dan kesadaran penuh Anda pun akan serta merta Anda peroleh!

2. Jangan jadi filsuf

Seringkali yang bikin suatu situasi terasa berat bukan situasi itu sendiri atau bahkan masalah yang terjadi yang mengiringi situasi itu, tapi sikap kita terhadap masalah itu sendiri. Ketika kita kebanyakan mikirin dan mengkhawatirkannya, kita justru sebenarnya MEMPERKERUH kemampuan kita menyelesaikan situasi itu!

Dan seringkali, kebanyakan memikirkan suatu masalah akan menguras tenaga kita dengan cepat, seperti batre smartphone kita yang dipaksa memutar 100 aplikasi sekaligus. Ini nggak akan membangun sikap positif dalam bekerja.

So, dalam menjalankan rutinitas, jangan jadi filsuf! Maksudnya, jangan terlalu sibuk duduk memikirkan masalahnya, dan merenungkan efeknya, lalu menakutkan dampaknya, apalagi sampai mikirin reaksi orang lain terhadap situasi itu.

  • Saya suka memikirkan solusinya, lalu saya KERJAKAN! Saya fokus pada langkah nyata dan pada yang saya kerjakan. Bukan kebanyakan memikirkan hal- hal yang mungkin atau belum mungkin bakal terjadi.

3. Yang bisa dan ada saja

Dalam hidup nggak semuanya selalu perfect. Kadang- kadang ada satu dua hal yang kecil yang, kecil siiiiih, tapi bisa menghancurkan ke- enjoy- an (bahasa apaaaaa ini?) rutinitas harian kita.

  • Misalnya, pas jalan, tiba- tiba mobil kita diserempet motor yang langsung kabur, dan meninggalkan goresan kecil di samping body mobil kita yang tadinya sangat mulus.

Kesal, so pasti. Bete so pasti. Tapi masalahnya, dalam kemacetan jalan, kita nggak pernah bisa mengontrol apa yang dilakukan orang lain dan apa yang terjadi seluruhnya di rutinitas. Jangankan di jalan, di kantor pun atau ketika berhadapan dengan klien pun pasti ada saja, misal satu klausul kecil yang tidak begitu kita suka, tapi terpaksa kita terima.

Ketika ini terjadi, tanyakan, “Apa masih ada yang bisa saya lakukan?”

Kalau ada, lakukanlah. Kalau nggak ada, ya relakanlah!

Ini melatih sikap positif dengan sangat drastis! Percaya deh!

4. Perbanyak tertawa

Tertawa bikin hari- hari kita lebih seru, itu sih sudah pasti. Belum lagi, tertawa akan membuat kita lebih sehat, karena tertawa mendorong gerakan jantung yang lebih aktif dalam memompa darah ke seluruh tubuh, plus melatih pernapasan dan meluaskan paru- paru. Yang dalam prosesnya, memasukan lebih banyak oksigen ke dalam otak, dan membuat kita berpikir lebih baik.

Jadi saya sendiri menyimpan beberapa aplikasi joke dan lelucon di smartphone saya, misalnya 9Gag atau yang lainnya, supaya setiap saat saya capek dengan rutinitas saya di kantor, atau dengan aktivitas saya, saya bakal ambil break 5 menit, dan buka smartphone saya dan mulai cekikikan selama 5 menit. Ini bakal bikin saya lebih fresh untuk bekerja selama beberapa jam ke depan!

Dan lebih keren lagi, kalau Anda bisa menertawakan situasi, masalah, dan kelemahan Anda sendiri. Anda bakal jauh lebih hepi!

5. Lakukan yang nggak pernah Anda lakukan

Variasi kecil, sekecil apapun bakal bikin rutinitas lebih ringan dan lebih menyenangkan, karena mendadak, dia nggak lagi jadi rutinitas. Karena, alam bawah sadar Anda bakal sok heboh mengatakan, “Hey, kemaren saya nggak melakukan ini niiih!” Dan mendadak, hari Anda jadi lebih berwarna.

Melatih sikap positif dalam bekerja dengan melakukan variasi

Untuk bikin rutinitas lebih menyenangkan, lakukan hal- hal yang nggak pernah Anda lakukan sebelumnya, atau nggak Anda kuasai.

  • Misal, pulang lewat jalan berbeda.
  • Minta teman Anda mengizinkan Anda menangani suatu pekerjaan kecil yang belum pernah Anda tangani sebelumnya.
  • Main layangan.
  • Ngecat rumah tetangga (pasti belum pernah kan?)

Saya sendiri suka sih suka banget berpindah- pindah tempat meeting dan mengerjakan hal yang sama secara berbeda setiap harinya, supaya saya selalu merasa ada variasi dan tertantang mengerjakan hal baru!

6. Akhiri hari ini dengan awal hari esok

Coba tebak, kenapa Anda kalau nonton film serial TV yang seru, Anda suka keterusan dan langsung meneruskan ke episode- episodenya selanjutnya? Alasannya sama dengan kenapa kalau Anda baca buku yang seru, atau bermain game yang seru, juga suka keterusan. Karena biasanya, di akhir setiap chapter, akhir setiap episode, dan akhir setiap level, akan ada adegan yang disebut cliffhanger.

Cliffhanger adalah ‘adegan ngegantung’, dimana setelah adegan terakhir dari film itu selesai, film itu ditutup dengan JUSTRU dengan adegan pertama dari episode selanjutnya! Ini bakal bikin Anda penasaran nggak sabar ingin memulai lagi menonton episode selanjutnya!

Saya memakai metode ini dalam rutinitas saya.

Setelah pekerjaan hari ini selesai, saya akan menyempatkan waktu untuk mengerjakan AWAL dari pekerjaan esok hari!

Dengan melakukan ini, saya akan merasa PUAS dan senang, merasa saya mengerjakan lebih banyak daripada target saya, dan pada saat yang sama, hal ini bakal bikin alam bawah sadar saya PENASARAN hingga saya tidak sabar ingin bangun di pagi harinya untuk meneruskan apa yang sudah saya mulai kemarin malam.

Lakukan Sekarang Nggak usah Nunggu Besok

Jadi, demikianlah 6 cara sederhana yang saya lakukan untuk melatih sikap positif saya!

Silahkan coba sendiri di hari- hari Anda, dan sesuaikan dengan gaya bekerja Anda. Malah lebih ideal lagi kalau Anda bisa menemukan 6 cara Anda sendiri!

Selamat menikmati rutinitas!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *