Cara Melatih Kebiasaan Positif ‘ala Game’ dengan Gamifikasi

Gimana Melatih Kebiasaan Positif dengan Menyenangkan

 

“Hahahaha, maaf, kebiasaan!”, kata kita mungkin sambil nyengir dan garuk- garuk kepala.

Ini sebuah kalimat yang mungkin sadar nggak sadar sering banget kita katakan saat nggak sengaja melakukan ssuatu kebiasaan buruk yang terus berulang. Memang, setiap orang punya kebiasaan buruk yang ingin dia hilangkan. Anda pun mungkin punya suatu kebiasaan negatif yang menghambat kita untuk sukses.

Kebiasaan buruk ini terbentuk selama bertahun- tahun, baik sengaja ataupun tidak disengaja, dan kita ingin menggantikan kebiasaan buruk itu menjadi suatu kebiasaan baik. Membuang kebiasaan negatif, dan menggantinya dengan kebiasaan positif, tapi nggak pakai repot!

Gimana caranya?

Ternyata, dengan memakai Gamifikasi, kita bisa menghilangkan kebiasaan negatif kita, dan membangun kebiasaan positif yang baru, dengan MENYENANGKAN! Bahkan, ibarat bermain game!

 

Membangun Kebiasaan dengan Gamifikasi

Sebelum mulai membangun kebiasaan atau habit baru dengan Gamifikasi, kita perlu tahu dulu bagaimana sebenarnya proses suatu habit atau kebiasaan terbentuk.

Habit dan kebiasan Anda, baik itu kebiasaan positif seperti bangun tepat waktu, olahraga, membersihkan halaman, dan sebagainya, ataupun kebiasaan negatif, seperti sering terlambat, merokok melebihi batas, berbohong, atau apapun, tidak muncul begitu saja ibarat sulap atau keringat dingin di jidat kita saat kepergok pacar lagi sama cewek lain. Ehem.

Semua terbentuk melalui suatu proses.

Membangun kebiasaan positif dengan aktivitas berulang dengan gamifikasi

Habit dan kebiasaan terbentuk melalui PENGULANGAN. Sesuatu yang dilakukan berulang- ulang, apapun itu, akan menjadi kebiasaan.

Nah, artinya, untuk membuang kebiasaan buruk Anda dan membangun kebiasaan baru yang baik, Anda hanya perlu menghentikan kegiatan berulang Anda pada hal yang TIDAK Anda inginkan, dan membangun kegiatan berulang pada hal yang MAU Anda raih.

  • Ulangi bangun pagi setiap pagi selama 3 bulan, maka Anda akan membangun kebiasaan bangun pagi,
  • Ulangi aktivitas menepati to-do list Anda selama beberapa saat, maka Anda akan terbiasa memakai to do list dan makin produktif.
  • Ulangi terus kebiasaan memakan permen sebagai pengganti rokok, maka Anda akan terbiasa memakan permen dan bukan merokok.

Dan seterusnya.

Masalahnya, melakukan ini seringkali menjadi beban, melelahkan, dan bikin GA TAHAN.

Nah, disinilah masuk teknik penerapan Gamifikasi!

 

Apa itu Gamifikasi dan Gimana Cara Kerjanya?

Gamifikasi, atau dalam bahasa Inggrisnya ‘Gamification’ adalah suatu proses menerapkan atau menambahkan elemen- elemen game dalam situasi non- game.

Tonton penjelasan dan penerapan Gamifikasi di video ini.

Mungkin Anda pernah melihat sendiri bagaimana orang tidak perlu dimotivasi untuk bermain game. Kenapa? Karena game memiliki elemen- elemen yang membuat partisipan nya merasa terhibur, engaged, dan merasa senang saat mengerjakannya.

Saya pernah membahas soal gamifikasi dalam pekerjaan di sini. Kali ini, kita akan membahas penerapannya dalam membangun kebiasaan baru yang kita inginkan!

Membangun habit baru dengan menggunakan Gamifikasi adalah pada prinsipnya, menggunakan elemen- elemen game yang saya sebutkan dalam video di atas, di dalam rutinitas Anda, untuk menghilangkan kebiasaan lama, dan membangun kebiasaan baru, untuk Anda, keluarga, atau tim Anda!

Keuntungan memakai Gamifikasi dalam membangun kebiasaan positif, antara lain:

  • Lebih engaging dan menarik.
  • Tidak terasa seperti beban
  • Tidak terasa memiliki tuntutan yang harus diselesaikan.
  • Lebih memberikan pengalaman yang menyenangkan
  • Memberikan rutinitas baru yang lebih positif dalam aktivitas positif pula.

Prinsipnya, Anda memakai seluruh teknik dan trik yang digunakan dalam game, untuk menciptakan suasana menyenangkan dan menantang dalam rutinitas Anda, saat Anda melakukan kegiatan berulang yang dibutuhkan.

Dan karena rutinitas Anda kini menjadi lebih menyenangkan, Anda akan lebih tertarik melakukan pengulangan habit Anda setiap harinya. Dan sebagai akibatnya, Anda secara perlahan namun pasti, akan menggantikan habit dan kebiasaan buruk lama Anda, dengan kebiasaan positif yang BARU!

Mulailah membangun kebiasaan positif saat ini juga, yang akan membantu Anda selangkah lebih maju mencapai kesuksesan impian Anda!

Misalnya saja, dengan Gamifikasi, Anda ingin membangun kebiasaan positif:

  • Bangun pagi secara rutin, maka berikan diri Anda point setiap Anda bangun sesuai target.
  • Berolahraga seminggu dua kali, maka berikan diri Anda ‘badge’ untuk setiap sesi olahraga Anda.
  • Mengurangi jumlah rokok Anda, maka carilah rekan ‘lawan’, untuk beradu prestasi positif.
  • Menyelesaikan buku novel Anda, maka berikan diri Anda penghargaan ‘level’ setiap Anda menyelesaikan satu bab.

Dan sebagainya.

Tonton video di atas untuk memahami CARA PRAKTIS menerapkan trik ini lebih jauh, atau klik di sini.

Atau Anda ingin melatih kemampuan berpikir kreatif Anda, maka pelajari tekniknya di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.