Apa itu gamifikasi, gamifikasi adalah elemen game dalam non game. Menerapkan gamifikasi untuk mengubah pekerjaan jadi permainan

Gamifikasi: Cara Bikin Pekerjaan Jadi Permainan

Apa Itu Gamifikasi

Kalau Anda belum pernah mendengarnya sebelumnya, Gamifikasi adalah suatu konsep yang sangat keren, mengenai aplikasi atau penerapan elemen- elemen game yang diterapkan dalam situasi non- game, untuk mencapai hasil lebih efektif, atau bahkan efisien dari pihak- pihak yang terlibat.

Gampangnya gini deh.

  • Pernah lihat kan, bagaimana seseorang yang bermain game seringkali jauh lebih serius daripada seseorang yang lagi kerja?
  • Pernah lihat bagaimana kebanyakan orang mencapai efektifitas yang secara menakjubkan lebih tinggi dalam bermain game daripada dalam aktivitas sehari- harinya?
  • Pernah lihat bagaimana orang yang bisa ‘bermain’ dan menikmati pekerjaannya lebih produktif daripada yang ‘terpaksa’?

Ini semua bukan kebetulan dan kejadian acak saja, tapi ada alasannya!

Sadar nggak mengenai fakta bahwa bagaimana ketika kita bersenang- senang dan berada dalam konsep pikiran ‘bermain’, semua terasa menyenangkan dan tindakan kita lebih membuahkan hasil?

Bahkan daya tahan kerja kita lebih panjang dan lama?

Jadi inilah faktanya : Fun gets it DONE!

Aplikasi Sederhana Gamifikasi

Organisasi kami melayani program pelatihan atau konsultasi gamifikasi untuk perusahaan.

Namun gamifikasi untuk organisasi dan perusahaan melibatkan penyesuaian kebijakan dalam penerapan elemen gamifikasi, seperti adaptasi elemen berikut dalam proses kerja:

  • Timing.
  • Badges, and Achievements.
  • Leaderboards.
  • Instant Feedback.
  • Competitions.

Tapi untuk diri sendiri dan dalam kehidupan sehari- hari, ah, ini nggak usah diper-rumit seperti itu,

Gamifikasi adalah proses dan konsep sederhana!

Waktu anak Anda nggak mau bersihin mainannya yang berserakan di lantai, itu karena dia menganggap kegiatan membersihkan mainan adalah proses beban, nggak menyenangkan, dengan hasil yang ga penting. Dengan bahasa kita, “bekerja”.

Tapi coba Anda kasih tantangan dan elemen- elemen gamifikasi yang mengubah aktivitas itu jadi ‘permainan’.

  • Misal, “Coba, kalau kamu ninja, bisa secepat apa kamu bersihin mainan kamu? Mama ukur waktunya yaaaa” atau, “1 point untuk tiap maenan kecil yang kamu angkat dari lantai, 5 point buat maenan besar, bonus point kalau kamu bisa dapat 50 point! Siaaaaaaappp?” Saya yakin mendadak dia mau melakukan aktifitas itu secepat kilat.

Inilah Gamifikasi, atau Gamification yang diterapkan dalam aktivitas sehari- hari.

Dengan menerapkan ini, bukankah pekerjaan dan aktivitas lebih menyenangkan, dan lebih EFEKTIF?

Tips Menerapkan Gamifikasi dalam Sehari- hari

Berikut beberapa elemen sebuah game, yang bisa dipakai untuk menerapkan Gamifikasi (Gamification) dalam permainan yang kita sebut hidup (atau pekerjaan, atau bahkan aktivitas apapun)!

1. Adanya Peran dan tujuan yang Jelas.

Yang paling asik dalam bermain game seringkali adalah kita bisa jadi ‘orang lain’, dan seiring waktu, kita tahu bahwa kita akan berubah menjadi lebih baik dan menjadi sosok yang baru saat kita mencapai tujuan kita.

Well, sebenarnya dalam kerjaan pun kita bisa melakukan ini.

Bayangkan dalam pekerjaan kita, kita adalah tokoh yang baru, dengan sebuah tujuan. Lihatlah dalam kepala kita sosok yang kita inginkan nanti, dan beraktivitas dengan patokan sosok itu. Jadilah tokoh yang Anda inginkan, yang sukses dalam ‘aktivitas’ Anda, dunia kantor adalah panggung sandiwara.

2. Adanya Pembatasan dan Peraturan yang Spesifik.

Permainan tidak ada artinya tanpa tantangan. Dan kebebasan tidak ada maknanya tanpa peraturan. Ini adalah hal pertama yang ada dalam sebuah game.

Untuk bisa merasakan senang dan sensasi bermain dalam aktivitas Anda, coba beraktivitas dengan peraturan yang Anda bikin sendiri. Misalnya apa yang ingin Anda raih, apa tujuan Anda bulan ini, aktivitas apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan untuk ini?

3. Hasil yang Real Time dan terlihat segera.

Hasil yang segera terasa membuat Anda merasakan sensasi kepuasan dan kesenangan bermain!

Elemen terpenting gamifikasi mungkin adalah instant feedback.

Buatlah sehingga Anda bisa selalu melihat apa yang sudah Anda kerjakan dengan segera, semua kegagalannya dan keberhasilannya. Supaya bisa tahu, buat daftar yang mau Anda kerjakan saat itu. Misal, buat checklist. Ketika di akhir hari Anda melihat semua checklist itu selesai, Anda akan merasa senang menyadari sudah banyak yang berhasil Anda kerjakan, atau gemes melihat yang gagal Anda selesaikan.

4. Tetapkan Batasan waktu yang Jelas.

Mana yang lebih seru? Nonton sepak bola pas di awal- awal permainan, atau di akhir- akhir permainan saat skor 1 – 1 dan bola mulai intense berlomba dengan waktu?

Yup! Dengan adanya batasan waktu, Anda akan merasa lebih tertantang dan lebih bekerja lebih seru. Kalau perlu, tantang diri Anda dengan alarm yang menandakan batasan waktu per pekerjaan!

5. Tentukan tantangan yang akan membuat Anda naik level.

Semua permainan ada naik levelnya. Yang menunjukkan prestasi Anda dan membuat Anda lebih baik.

Buat target- target mini di dalam tujuan jangka panjang yang Anda anggap Boss dalam aktivitas harian Anda. Setiap Anda berhasil menyelesaikan salah satunya, beri selamat pada diri Anda bahwa Anda sudah jadi lebih baik. Rayakan dengan hal kecil. Kalau perlu keep score, Anda sudah level berapa sekarang?

So, semua aktifitas bisa dijadikan beban, ATAU bisa dijadikan permainan yang menyenangkan dengan gamifikasi!

Bagaimana Anda Menerapkan Gamifikasi

Gamifikasi adalah alat efektifitas yang sangat kuat untuk menggabungkan produktifitas dan kesenangan rutinitas. Ingatlah selalu point- point dibawah ini.

  • Ketika aktivitas jadi beban, kita bakal jadi individu yang nggak efektif dalam hidup dan pekerjaan kita.
  • Ketika aktivitas jadi permainan, kita bakal hidup lebih dengan HATI, dan melakukan segalanya lebih efektif!

Bagaimana Anda akan menerapkan gamifikasi?

Apa permainan yang akan Anda buat untuk diri sendiri?

‘Bermainlah’ dengan aktivitas dan pekerjaan Anda dengan memakai gamifikasi sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published.