7 Situs Kerja Kreatif dan kerja online penghasil uang di Internet, cara menghasilkan uang dengan usaha online, di Patreon, fiverr, deviantart, 99designs, karyakarsa, freelancer

7 Situs Kerja Kreatif untuk Kamu di Tahun 2021

Situs kerja kreatif sekarang bukan lagi sesuatu yang aneh kayak waktu pertama kali suka saya bahas dan koar- koarkan di seminar dulu.

Apalagi dengan situasi pandemi yang dimulai tahun lalu, wiiih, yang namanya kerja online dan menghasilkan uang dari internet udah sama lazimnya dengan cewek abg yang nambahin 10 cabe ke seblaknya, barista Starbucks yang suka salah ngeja nama, dan tukang ojek yang suka ngobrol nggak kedengeran diantara angin dan bunyi motor.

Umum banget!

Semua orang, apalagi mahasiswa dan fresh graduate, pengen menghasilkan uang dari rumahnya, sambil anginin paha pake celana pendek, kaos kutang, duduk bersila di atas kasur dan ngemilin seblak dengan 10 cabe tadi.

Nah kalau gitu, untuk ngasih tips kerja online dan kerja kreatif buat kalian yang punya jiwa inovatif, ini dia update situs- situs penghasil uang terpotensial untuk kamu di tahun 2021!

 

Daftar 7 Situs Kerja Kreatif dan Kerja Online Yang Perlu Kamu Lirik 2021

 

Waktu saya mau masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB dulu, orang tua, saudara, tetangga, sampai ibu- ibu warung depan langsung kompak menyamakan suara seperti mau paduan suara, dan nanya: “Emang mau dapet duit dari manaaa? Seni itu nggak ada duitnyaaa!”

Kesannya, kalau saya menggeluti dunia kreatif, saya udah bakal langsung ditakdirkan untuk berakhir dengan ngamen di pengkolan, jualan lukisan sambil makan nasi padang di trotoar, atau nulis puisi di karton bekas. Kasian banget dah.

Tapi sekarang, kamu PUNYA fasilitasnya!

Walau ada banyak tempat situs kerja diluar sana, tapi yang akan saya bahas di sini adalah beberapa situs kerja yang memusatkan pada kerja kreatif dan skill berdasarkan hobi atau passion kamu!

Berikut beberapa situs favorit saya.

 

1. Patreon

Patreon adalah tempat kerja kreatif dimana kamu  bisa mengumpulkan dana dari pledge donasi pengunjung yang ingin mendukung kerja kreatif kamu. Disini, kamu akan dibayar oleh para donatur (Patron) ini secara rutin untuk terus berkarya!

Cara Kerja:

Apapun talent dan skill kreatif kamu, dari musik, menggambar, ngomik, nulis, sampai bikin video, bahkan sampai sains atau dansa, kamu bisa menampilkan karyamu di situs ini untuk dinikmati semua orang, dan meminta para patron untuk memberikan kamu sejumlah uang sebagai dukungan agar kamu bisa terus berkarya, yang bisa diberikan per karya, per episode, atau per bulan.

Benefit dari para patron ditentukan oleh kamu sendiri, misal, semacam karya khusus untuk mereka, atau karya yang hanya bisa dinikmati oleh mereka. Intinya, kamu dibayar untuk berkarya sesuai keinginan kamu, dari $50, sampai $3000, bahkan ada yang hingga $10.000!

Simak penjelasannya di video saya ini:

 

2. Fiverr

Fiverr adalah situs kerja kreatif freelancing dimana kamu bisa menjual jasa dan skill kamu sesuai apapun yang bisa kamu tawarkan secara ketengan. Fiverr, diambil dari kata fiver atau ‘limaan’, karena kamu bisa menjual macam- macam jasa dengan harga hanya lima dolar! Tapi jangan salah, potensinya bisa sampai sangat besar hingga ratusan dolar per jasa, tergantung jasanya.

Cara Kerja:

Seperti disebut diatas, disini, kamu tinggal mendaftarkan diri sebagai kreator atau penyedia jasa kreatif, memasang harga ketengan kamu, misalnya dari 5 dolar, sampai berapapun yang kamu anggap layak untuk jasa kamu.

Kamu bisa membuat jenjang jasa bertingkat untuk menjustifikasi harga kamu. Misal gambar hitam putih cuma $5, tapi gambar berwarna seharga $30, dan sebagainya. Walau ini platform luar negeri, tapi user dan kreator Indonesianya udah banyak dan aktif banget! Mulai dari jasa bikin testimonial sampai bikin website atau jadi asisten pribadi online semua ada! Benar- benar kerja online!

 

3. Freelancer

Masih salah satu tempat kerja online dan tempat kerja kreatif terpopuler di internet, freelancer, sesuai namanya, memberikan pasar jasa secara online untuk jual beli jasa profesional dari seluruh dunia.

Bedanya dengan fiverr, adalah freelancer seringkali terasa sebagai platform untuk pekerjaan yang lebih berat, kompleks, atau lebih rumit dan berjangka panjang dibandingkan fiverr yang seringkali lebih didominasi ‘job’ ketengan.

Cara Kerja:

Sesederhana mendaftarkan diri, mengupload data dan CV, dan pastinya, untuk situs kerja kreatif ini, kamu harus mengupload contoh- contoh karya dan pengalaman kamu yang memamerkan skill kamu dengan baik. Semakin banyak, semakin terpercaya pula kamu.

Ada beberapa jenis cara mereka melakukan penawaran pekerjaan kreatif atau job, dari sistem kontrak, lelang, hingga kompetisi. Situs kerja kreatif ini juga cocok buat yang punya tim dan mencari project tim untuk sistem kontrak dalam berbagai bidang, dari desain sampai programming.

 

4. DeviantArt

Berawal (dan sampai sekarangpun masih) dari fungsi galeri atau sosial media dan komunitas online untuk pekerja kreatif visual, seperti ilustrator, komikus, digital artist, dan sebagainya, DeviantArt masih menjadi situs kerja kreatif terbaik untuk mencari comission atau tawaran freelance job untuk visual artists.

Terbaik, dan terfavorit. Karena di sinilah hampir semua pekerja kreatif visual suka kongkow- kongkow makan seblak pedes bareng. Nggak ding. Tapi yah beneran, inilah situs kerja favorit kreatif mereka.

Cara Kerja:

Dengan menekankan pada fungsi galeri, di situs kerja kreatif ini, visual artists bisa menjual karya mereka dalam bentuk cetak (print), dalam bentuk digital, atau dalam produk/ merchandise. Di sini pun kamu bisa mendapatkan comission job dari orang yang membutuhkan skill kamu secara online. Bayarannya? Di situs kerja kreatif ini, standar internasional dong!

 

situs kerja kreatif penghasil uang dan kerja online DeviantArt

 

5. 99 Designs

Kalo kamu lebih suka desain, dan ingin bekerja online dan menghasilkan uang dari internet melalui skill desain kamu, kamu mungkin akan lebih cocok dan merasa nyaman makan seblak di 99 designs.

Situs ini adalah situs kerja online yang memusatkan diri dalam penawaran jasa desain, dari desain logo, desain kemasan, merchandise, sampai berbagai desain keperluan bisnis. Situs ini juga punya komunitas kreator Indonesia yang relatif kuat!

Cara Kerja:

Ribuan klien yang membutuhkan jasa desain, seperti logo design, cover design, icon design, hingga packaging design akan berkumpul dan membuka penawaran harga untuk kebutuhan mereka dalam beberapa jenis sistem kerja.

Salah satunya, ‘contest’, adalah dimana akan diadakan semacam pitching desain. Selama proses waktu tertentu, desainer yang ikut serta dalam kontes ini akan dipilih dan dibrief oleh klien, dan pemenang mendapatkan hadiah/ fee uangnya, yang beragam nilainya, dari $300 – $5000. Anda tinggal mengirimkan file mentah yang dibutuhkan, yang akan jadi milik klien.

Keuntungannya? Walau disebut ‘pitching’, tapi pitching di situs kerja kreatif bisa sambil selonjoran di sofa, ga usah ke kantor klien mana- mana dong! namanya juga kerja online, ya ga?

 

6. YouTube

Lho?! Mabok Ded? Kok YouTube dibilang situs kerja online atau kerja kreatif?

Lha iya kan? YouTube bukan sekedar situs tempat kamu nonton sambil leha- leha atau nonton santai sambil ngumpet dari bos di toilet kantor 15 menit sebelum meeting klien. YouTube sekarang betul- betul merupakan sumber pemasukan untuk jutaan orang di seluruh dunia. YouTuber adalah profesi kreatif, dan kamu juga bisa menghasilkan uang di internet dengan YouTube.

Cara Kerja:

Masak harus dijelasin? Intinya, kamu daftar YouTube dengan akun google- mu, bikin channel, dan mulai berkarya dengan mengupload video. Setelah channel kamu punya 4000 jam tonton (watch time) dan 1000 subscriber, kamu bisa mulai memonetisasi YouTube mu dengan Adsense, yang juga merupakan bagian dari Google, dan tinggal kamu link ke akun YouTube kamu.

 

7. Karyakarsa

Akhirnya, situs kerja kreatif atau situs kerja online terakhir yang mau saya bahas adalah Karyakarsa, yang merupakan situs milik Indonesia sendiri.

Jujur, Karyakarsa adalah situs atau platform yang relatif baru. Tapi sejauh ini, progress dan perkembangannya sudah cukup baik, dengan lebih dari 200 ribu pengunjung aktif setiap bulannya. Situs ini basically sangat mirip dengan Patreon, bisa dibilang dia adalah patreon Indonesia untuk kamu yang merasa ribet untuk buka akun di Patreon yang punya luar negeri.

Cara Kerja:

Kamu tinggal daftar dengan sangat mudah, lalu mengaktifkan sistem monetisasi yang mereka sediakan. Ada sistem donasi atau tips, sistem paket dukungan (seperti jenjang patron di patreon), atau jual produk dan karya secara ketengan atau satuan. Kalau kamu streamer, kamu bisa memakai sistem karyakarsa juga untuk membantu menggalam tips di stream kamu saat kamu live.

Saat ini mereka sedang promosi dengan 1% (YUP! hanya 1 %) komisi untuk karyakarsa, dan 99% untuk kreator.

Karyakarsa saya bahas disini karena potensi masa depan yang dimilikinya. You might want to check them out too!

 

Memilih Situs Kerja Kreatif dan Kerja Online Paling PAS!

 

Jadi mana situs kerja kreatif yang paling pas buat kamu?

Jawabannya, tergantung kamu sendiri. Mana yang paling cocok dengan minat dan passion kamu? Mana dari situs- situs ini yang sesuai dengan skill yang kamu jual? Dan mana yang cara kerjanya paling pas buat kamu?

Kalau kamu merasa bisa mengelola dua akun, kenapa nggak?

Intinya, saat ini, situs kerja kreatif sudah sangat potensial. Kamu bisa kerja dari rumah dan menghasilkan uang dari kerja online di situs kerja kreatif ini, dan menghasilkan sukses yang kamu inginkan.

 

Jangan terbatas pada mindset kerja lama! Puas- puasin deh menjual jasa kamu secara online dari kenyamanan rumah sendiri!

Leave a Comment

Your email address will not be published.