10 alasan kalau kepergok ketiduran di tempat kerja

10 Alasan Saat Ketiduran di Tempat Kerja

Ketiduran di Tempat Kerja

Menurut saya, badan kita ini punya metoda pertahanan diri otomatis dari hal- hal yang nggak kita sukai dan kita anggap nggak menarik. Namanya “Ngantuk”.

Kalau dari sudut pandang saya yang seenaknya, mungkin niiiiih, mungkiiin, ini adalah cara badan atau pikiran kita buat ‘lari dari kenyataan’, tanpa musti repot- repot bergerak dari tempat duduk. Lagipula apa coba sebenarnya definisi dari kata ‘boring’? Bukannya itu adalah kata yang menjelaskan bahwa ‘saya nggak tertarik‘?

Jadi buat orang yang bekerja di bidang dan aktivitas yang jelas- jelas nggak membuat dia tertarik, jangan heran kalau dia bakal sering menghadapi situasi ‘badan lari dari kenyataan’ ini (baca: ngantuk), bahkan mungkin udah rutin kayak minum obat, sehari kerja harus ngantuk 3 kali, diminum pakai air putih yang banyak.

Dan jadinya, ketiduran di tempat kerja udah jadi rutinitas, mirip- mirip menyikat gigi.

Kecualiiii, kalau memang pada saat itu badannya sedang kecapekan berat, physically or psychologically exhausted, itu sih lain perkara. Tapi selain itu, ngantuk di tengah aktifitas ini tanda badan atau pikiran kita yang mau ‘lari dari kenyataan.

Dan ketiduran di tempat kerja adalah usaha kita ‘kabur’ dari aktivitas yang total banget nggak kita sukai.

Misalnya saya nih:

  • Kalau di tunjukkin buku dan rumus- rumus matematika, mendadak ngantuk.
  • Kalau diajak meeting yang nggak jelas juntrungannya, mendadak ngantuk.
  • Kalau dipaksa nonton drama romantis sama istri saya, mendadak ngantuk.
  • Kalau diminta pijetin punggung sama istri saya, saya nanya dulu… bakal ada ‘kelanjutannya’ ga nih? Kalau nggak, mendadak ngantuk.

Yahhhh, pokoknya gitu deh.

Nah, walau seperti yang saya tuliskan di buku “Lakukan Dengan Hati“, bahwa sebenarnya ada konsep yang namanya “Power Nap”. Yaitu tidur di tempat kerja atau diantara padatnya aktifitas selama 10- 15 menit untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan mengolah data, yang bahkan bisa membantu otak menjadi lebih segar lagi.

Sayangnya nggak semua kantor dan atasan mengetahui hasil riset ini.

Jadi Anda harus siapin alasan kalau kepergok ketiduran di tempat kerja oleh bos Anda.

Untuk Anda, inilah 10 alasan jenaka yang bisa dipakai kalau Anda kepergok ketiduran di tengah aktifitas, syukur- syukur si bos ketawa, dan Anda masih diizinkan masuk kerja lagi besok hari.

10. “Kata Coach D Power Nap itu bagus bos, baca deh bukunya “Lakukan Dengan Hati”.”

9. “Apa? Tidur? Nggaaaaak kok, saya lagi meditasi.”

8. “Saya lagi mikir serius, dan saya berhasil mengubah paradigma saya sesuai Visi Misi kantor kita.”

7. “Itulah contoh posisi yoga kucing meringkuk, yang bermanfaat banget buat produktivitas kerja.”

6. “Kayaknya di dalam kelopak mata saya ada luka kecil, kayak ada goresan. Saya boleh izin ke dokter mata?”

5. “Saya lagi nyium meja, kok ada bau aneh ya? Coba deh… coba cium deh…”

4. “Saya lagi ngulet kebalik.”

3. “Saya cuma ngecek keyboard baru ini, anti air liur atau nggak.”

2. “Ada lalat lewat tadi, saya lagi berusaha menjebak dia ke dalam mulut saya.”

1. “…waladhalllinn….. Amin”… Eh bos? udah lama disini?

But seriously, kalau Anda sampai terus menerus mengantuk di tempat aktivitas Anda, berarti ini adalah peringatan pada Anda, mungkin Anda nggak suka, dan bahkan nggak cocok berada di tempat itu!

Temukan tempat kerja yang bisa bikin Anda bangun terus dengan semangat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.